Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
• Media Player.
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
o Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
o PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
o Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
o XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
o Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

• Audio/Video Editor.
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
o TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.

• Graphis/Image Viewer.
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
o ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
o XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..

• Graphic/Image Editor.
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
o Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam

paket Microsoft Windows.
o Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.

• Animasi.
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
o Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
o Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

• Grafik 3D.
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
o 3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
o Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
o Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp.

b. Perangkat Lunak Analitis

Perangkat lunak analitis adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk proses analisis dan pengembangan suatu objek atau bidang ilmu. Biasanya proses analisis melibatkan perhitungan matematika dan aljabar. Banyak sekali jenis perangkat lunak analitis seperti analisis matematika, statistik, aljabar, dan numerik.

• Analisis Matematika
Aplikasi analisis matematika adalah perangkat lunak yang digunakan untuk analisis dan perhitungan dalam matematika. Banyak sekali fungsi matematika yang dapat dianalisa dengan menggunakan perangkat lunak ini, seperti persamaan diferensial, fungsi grafik sampai dengan 3 dimensi, operasi vektor dan matriks, fungsi polinomial, dll. Beberapa contoh aplikasi analisis matematika adalah:
o MathCad, bersifat komersial dan diproduksi oleh Mathsoft.
o Mathematica, bersifat komersial dan diproduksi oleh Wolfram Research.
o Maxima, bersifat komersial dan diproduksi oleh Independent group of people dengan lisensi GNU General Public License.
o Matlab, bersifat komersial dan diproduksi oleh The MathWorks.

• Statistik
Aplikasi statistik adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu proses analisis statistik. Dengan aplikasi statistik, maka dimungkinkan untuk mendapatkan hasil dari prosedur statistik standar dan pengujian statistik yang benar, tanpa membutuhkan pemrograman numerik tingkat rendah. Kebanyakan aplikasi statistik saat ini juga menyediakan fasilitas untuk manajemen data. Beberapa contoh aplikasi statistik adalah:
o SPSS, singkatan dari Solar Power Satellite System bersifat komersial dan diproduksi oleh SPSS Inc.
o GNU Octave, digunakan untuk komputasi numerik. Bersifat open source dan dikembangkan oleh John W. Eaton dibawah lisensi GNU General Public License.
o JMP, bersifat komersial dan dikembangkan oleh John Sall.

• Analisis Numerik
Aplikasi analisis numerik adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah matematika kontinyu (kebalikan dari matematika diskrit). Analisis numerik mencakup perhitungan variabel riil atau kompleks, aljabar linier numerik, solusi dari persamaan diferensial, dll. Beberapa contoh aplikasi analisis numerik adalah:
o Scilab, merupakan aplikasi open source untuk komputasi numerik. Dikembangkan oleh INRIA, Prancis.
o Rlab, bersifat komersial dan dikembangkan oleh Ian Searle.
o TK Solver, aplikasi untuk numerical problem-solving bersifat komersial dan diproduksi oleh Universal Technical Systems, Inc.

• Aljabar Komputer
Aplikasi aljabar komputer adalah perangkat lunak yang memiliki fasilitas untuk perhitungan matematika simbolik. Fungsi utama dari aplikasi aljabar komputer adalah untuk manipulasi ekspresi matematika dengan menggunakan format simbolik. Beberapa contoh dari perangkat lunak aljabar komputer adalah:
o Maple, merupakan aplikasi aljabar komputer bersifat komersial dan diproduksi oleh Wateloo Maple Inc., Kanada.
o Axiom, merupakan aplikasi aljabar komputer bersifat freeware dan open source. Dikembangkan oleh IBM dengan kode Scratchpad di bawah lisensi BSD license.
o MuPAD, bersifat komersial dan dikembangkan oleh MuPAD Research Group di University of Paderborn, Jerman.

c. Perangkat Lunak Desain

Perangkat lunak desain adalah perangkat lunak yang digunakan untuk proses desain berbagai macam objek. Objek yang banyak digunakan pada aplikasi desain adalah web, denah arsitektur, peta, instalasi listrik, rangkaian elektronik, model objek 3 dimensi, desain perangkat lunak, dll.

• Desain Web
Aplikasi desain web atau biasanya disebut sebagai aplikasi HTML editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan desain web. Dengan aplikasi desain web, maka pemula tidak dipusingkan oleh kode-kode HTML karena aplikasi ini bisa digunakan langsung untuk mendesain tampilan web. Untuk pengguna yang sudah expert juga tersedia banyak sekali fasilitas untuk pengembangan web yang lebih kompleks dan dinamis. Beberapa contoh aplikasi desain web adalah:
o Microsoft Frontpage, merupakan aplikasi desain web paket dari Microsoft Office. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o Macromedia Dreamweaver, bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o Adobe GoLive, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Inc.
o Quanta Plus, bersifat open source dan dikembangkan oleh The Quanta Team dengan lisensi GNU General Public License.

• CAD (Computer Aided Design)
Computer aided design adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu pada insinyur, arsitek, dan desainer untuk mendesain objek dengan bantuan komputer. Desain yang dibuat dengan CAD adalah dalam bentuk geometri dari pemodelan suatu objek. Bentuk geometri dari objek tersebut dapat berupa model 2 dimensi dan 3 dimensi. Beberapa objek yang banyak digunakan untuk pemodelan adalah objek arsitektur, objek mekanik (mobil, pesawat terbang, kapal laut, dll), objek elektronik, dan objek perencanaan manufaktur. Beberapa contoh perangkat lunak CAD adalah:
o AutoCAD, merupakan aplikasi CAD yang banyak digunakan. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Inc.
o Microsoft Visio, merupakan aplikasi CAD paket dari Microsoft Office. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corporation.
o Protel, merupakan aplikasi CAD untuk desain elektronik. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Altium Limited.
o 3D CAD, merupakan aplikasi CAD untuk model dan objek 3 dimensi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alibre Design Inc.
o BRL-CAD, bersifat open source dengan lisensi GNU General Public License.
o CAD/CAM, bersifat komersial dan diproduksi oleh CadCam Inc.

• Desain Perangkat Lunak
Aplikasi desain perangkat lunak adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mendesain proses dan aliran data pada perangkat lunak yang akan dikembangkan. Terdapat beberapa macam teknik untuk mendesain perangkat lunak dengan menggunakan beberapa macam bahasa pemodelan, seperti Unified Modelling Language (UML), Data Flow Diagram (DFD), SDL, dll. Beberapa contoh aplikasi desain perangkat lunak adalah:
o Rational Rose, merupakan aplikasi untuk desain perangkat lunakd dengan bahasa UML. Bersifat komersial dan diproduksi oleh IBM.
o Power Designer, merupakan aplikasi untuk desain perangkat lunak dengan model DFD, STD, dan desain basisdata. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Sybase Inc.
o Cinderella, merupakan aplikasi untuk desain perangkat lunak dengan bahasa SDL. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Cinderella ApS.
o Virtual Paradigm Suite, merupakan aplikasi desain perangkat lunak dengan UML, desain basisdata, dan development environment. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Virtual Paradigm Inc.

d. Perangkat Lunak Utilitas

Perangkat lunak utilitas adalah jenis perangkat lunak skala kecil yang digunakan untuk keperluan yang sangat spesifik. Perangkat lunak ini banyak digunakan untuk kebutuhan pengoperasian sistem komputer pada umumnya. Banyak sekali jenis-jenis secara fungsional dari perangkat lunak ini, seperti antivirus, program kompresi, file viewers, CD burner, dll.

• Antivirus
Aplikasi antivirus adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi, mengidentifikasi, menangkal, dan menghapus adanya virus komputer dan malicious software yang lain, seperti worm, trojan horse, backdoor, dll. Terdapat dua cara aplikasi antivirus untuk mendeteksi adanya virus, yaitu dengan melakukan pemindaian file dan identifikasi program yang terinfeksi oleh virus.
o Norton Antivirus, bersifat komersial dan diproduksi oleh Symantec Corporation
o McAfee Antivirus, bersifat komersial dan diproduksi oleh McAfee Inc.
o AVG Antivirus, bersifat freeware dan komersial, diproduksi oleh Grisoft Inc.
o CalmAV, bersifat open source dan diproduksi oleh ClamWin dibawah lisensi GNU General Public License.
o Panda Antivirus, bersifat komersial dan diproduksi oleh Panda Software.
o Kaspersky Antivirus, bersifat komersial dan diproduksi oleh Kaspersky Labs.

• Kompresi File
Aplikasi kompresi atau sering disebut sebagai file archiver adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengemas satu atau lebih file dalam satu kemasan file yang lebih ringkas dan terkompresi. Teknik ini dapat mengurangi ukuran file, sehingga hasil kemasan file tersebut dapat disimpan pada media penyimpanan yang lebih kecil. Terdapat banyak format kompresi dan pengemasan, seperti zip, tarball, rar, 7z, cab, dll. Bahkan beberapa aplikasi kompresi tersebut dapat memproteksi kemasan file yang dihasilkan dengan password. Beberapa contoh aplikasi kompresi file adalah:
o Winzip, bersifat komersial dan diproduksi oleh Winzip Computing Inc.
o 7zip, bersifat open source dengan lisensi GNU General Public License.
o WinRAR, bersifat komersial dan dikembangkan oleh Eugene Roshal dan Alexander Roshal.
o WinAce, bersifat komersial dan dikembangkan oleh e-merge GmbH.
o PowerArchiver, bersifat komersial dan dikembangkan oleh ConexWare.
o TUGZip, bersifat freeware dan dikembangkan oleh Christian Kindahl.

• System Maintenance
Aplikasi system maintenance adalah perangkat lunak yang digunakan untuk perawatan sistem komputer. Perawatan ini dapat berupa perbaikan sistem operasi, penataan media penyimpanan secara berkala, pengecekan program-program yang terinstall, dll. Banyak sekali jenis perawatan sistem komputer, mulai dari mendiagnosa saja sampai dengan memiliki kecerdasan untuk memperbaiki sistem. Beberapa contoh dari perangkat lunak system maintenance adalah:
o Norton Utilities, bersifat komersial dan diproduksi oleh Symantec Corporation.
o System Mechanic, bersifat komersial dan diproduksi oleh Iolo technologies, LLC.
o Disk Defragmenter, merupakan perangkat lunak paket dari Microsoft Windows.
o Fix-It Utilities, bersifat komersial dan diproduksi oleh Avanguest Publishing.
o Advance System Optimizer, bersifat komersial dan diproduksi oleh Systweak Inc.

• Desktop Publishing
Aplikasi desktop publishing adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mempublikasikan hasil tampilan atau dokumen yang dihasilkan dengan bantuan komputer. Beberapa jenis dokumen yang bisa dipublikasikan adalah kartu nama, undangan, poster, dokumen teks, dll. Beberapa contoh dari aplikasi desktop publishing adalah:
o Adobe Acrobat, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems Inc.
o Microsoft Publisher, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corporation.
o PagePlus, bersifat komersial dan diproduksi oleh Serif Ltd.
o Art Explosion Publisher Pro, bersifat komersial dan diproduksi Nova Development Corporation
o QuarkXPress, bersifat komersial dan diproduksi oleh Quark, Inc.
o Corel Ventura, bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.

• CD/DVD Maker
Aplikasi CD/DVD Maker adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menuliskan data atau file pada media CD atau DVD dengan menggunakan CD atau DVD writer. Saat ini aplikasi CD/DVD Maker juga memiliki beberapa fitur untuk dapat membuat berbagai jenis format CD dan DVD, mulai dari audio disc, mp3, bootable disc, dan format video. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fasilitas untuk CD dan DVD rewriteable. Beberapa contoh aplikasi CD/DVD Maker adalah :
o Nero Burning ROM, adalah aplikasi CD/DVD burner yang paling banyak dipakai saat ini. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Ahead Software AG.
o Easy Media Creator, bersifat komersial dan diproduksi oleh Sonic Solutions
o Power2Go, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink Corp.
o Instant CD_DVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems, Inc.
o NTI CD & DVD Maker, bersifat komersial dan diproduksi oleh NewTech Infosystems Inc.

• Reporting Service
Aplikasi Reporting Service adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan membangkitkan dokumen dalam bentuk laporan-laporan dari suatu basisdata. Dokumen laporan yang dihasilkan dapat secara langsung tampil sesuai dengan hasilnya. Dokumen dapat diexport dalam berbagai format seperti MS Word, MS Excell, file teks, dan pdf. Biasanya aplikasi ini terintegrasi dengan sebuah sistem informasi untuk mengolah data, sehingga aplikasi ini digunakan untuk menampilkan laporan dalam bentuk atau format sesuai yang dibutuhkan. Beberapa contoh aplikasi reporting service adalah :
o Crystal Reports, bersifat komersial dan diproduksi oleh Crystal Decisions Inc.
o Jasper Reports, bersifat open source dan diproduksi oleh JasperSoft Corporation dengan lisensi GPL.
o Hyperion Reports, bersifat komersial dan diproduksi oleh Hyperion Solutions Corporation.
o i-net Crystal-Clear, bersifat komersial dan diproduksi oleh i-net Software.

e. Perangkat Lunak Komunikasi Komputer

Perangkat lunak komunikasi komputer adalah perangkat lunak yang digunakan untuk proses komunikasi data antara satu komputer dengan komputer yang lain. Jenis-jenis komunikasi yang dilakukan banyak sekali jenisnya, mulai dari untuk membuka halaman web, mentransfer file, chatting, instant messeging, mengirim dan menerima email, dll.

• Web Browser
Aplikasi web browser adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan membuka halaman web. Saat ini web merupakan media yang sangat populer untuk mendapatkan informasi dari seluruh penjuru dunia. Beberapa jenis aplikasi web browser adalah:
o Internet Explorer, merupakan aplikasi web browser yang ikut dalam paket Microsoft Windows.
o Mozilla, bersifat open source dan diproduksi oleh Mozilla Foundation.
o Netscape Communicator, bersifat komersial dan diproduksi oleh Netscape.
o Opera, bersifat freeware dan komersial, diproduksi oleh Opera Software ASA
o Lynx, merupakan aplikasi web browser berbasis teks, bersifat open source dengan lisensi GPL.

• Email Client
Aplikasi email client adalah aplikasi yang digunakan mengakses, membaca, dan mengirimkan email melalui sebuah server email. Protokol yang biasanya digunakan untuk mengakses email pada sebuah server adalah IMAP dan POP3. Beberapa jenis aplikasi email client adalah:
o Microsoft Outlook, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corporation.
o Mozilla Thunderbird, bersifat open source dan diproduksi oleh Mozilla Foundation dengan lisensi GPL
o Pine, merupakan aplikasi berbasis teks bersifat open source dengan lisensi GPL.
o Eudora, bersifat komersial dan diproduksi oleh QUALCOMM Incorporated.

• Instant Messenger
Aplikasi instant messenger adalah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi secara tekstual dengan orang di tempat lain. Untuk bisa berkomunikasi dengan instant messenger, kita harus meregistrasi dahulu nama user kita dan harus mengenali dulu orang yang akan diajak berkomunikasi. Beberapa jenis aplikasi instant messenger adalah:
o Yahoo Messenger, bersifat freeware dan diproduksi oleh Yahoo! Inc.
o ICQ, bersifat freeware dan diproduksi oleh ICQ Inc.
o MSN Messenger, bersifat freeware dan diproduksi oleh Microsoft Corporation.
o Google Talk, bersifat freeware dan diproduksi oleh Google.
o Skype, bersifat freeware dan diproduksi oleh Skype Technologies S.A.

• IRC Client
Aplikasi irc client adalah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi secara tekstual dengan orang di tempat lain (chatting). Perbedaan dengan instant messenger adalah, kita tidak memerlukan registrasi terlebih dulu dan kita tidak perlu mengenal orang yang akan diajak bicara. Beberapa jenis aplikasi irc client adalah:
o MIRC, bersifat komersial dan diproduksi oleh mIRC Co. Ltd.
o Xchat, bersifat open source dan dikembangkan oleh Peter Zelezny.
o Snak, aplikasi untuk Mac OS dan dikembangkan oleh Kent Sorensen.

• FTP Client
Aplikasi FTP Client adalah aplikasi yang digunakan untuk mentransfer file dari dan ke tempat lain (FTP server). Aplikasi ini hanya khusus untuk melakukan download dan upload file. Beberapa jenis aplikasi FTP Client adalah:
o Filezilla, bersifat open source dan dikembangkan oleh Tim Kosse
o CuteFTP, bersifat shareware diproduksi oleh GlobalSCAPE Texas LP.
o WinSCP, bersifat opensource diproduksi oleh Martin Prikryl
o Core FTP, bersifat freeware diproduksi oleh Core FTP

• File Sharing Client
Aplikasi file sharing adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mencari dan mendownload file yang disharing oleh orang lain di seluruh dunia. Selain itu kita juga bisa men-share file kita agar dapat diakses oleh orang lain. Terdapat beberapa jenis jaringan file sharing di internet, contohnya adalah EDonkey, Freenet, Gnutella, dll. Beberapa jenis aplikasi file sharing client adalah:
o Emule, bersifat open source dan dikembangkan oleh Emule Project dengan lisensi GPL.
o BitTorrent, bersifat open source dan dikembangkan oleh Bram Cohen.
o Kazaa, bersifat freeware dan diproduksi oleh Sharman Networks
o Morpheus, bersifat open source dan dikembangkan oleh StreamCast Networks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s